Pages

Banner 468 x 60px

 

Sabtu, 14 Oktober 2017

Kewirausahaan Teori Inovasi Dan Kreativitas

0 komentar
Kewirausahaan Teori Inovasi Dan Kreativitas

Gambar terkait

1.    Pengertian Inovasi

Inovasi merupakan ide, praktik, atau objek yang dianggap baru oleh manusia atau unit
adopsi lainnya. Teori ini meyakini bahwa sebuah inovasi terdifusi ke seluruh masyarakat
dalam pola yang bisa diprediksi. Beberapa kelompok orang akan mengadopsi sebuah inovasi
segera   setelah   mereka   mendengar   inovasi   tersebut.   Sedangkan   beberapa   kelompok 
masyarakat lainnya membutuhkan waktu lama untuk kemudian mengadopsi inovasi tersebut. 
Ketika sebuah inovasi banyak diadopsi oleh sejumlah orang, hal itu dikatakan  atau meledak.
Inovasi merupakan tahap awal ketika seseorang mulai melihat, dan mengamati inovasi
baru dari berbagai sumber, khususnya media massa. Pengadopsi awal biasanya merupakan
orang-orang   yang   rajin   membaca   koran   dan   menonton   televisi,   sehingga   mereka   
bisa menangkap inovasi baru yang ada. Jika sebuah inovasi dianggap sulit dimengerti dan
sulit diaplikasikan, maka hal itu tidak akan diadopsi dengan cepat oleh mereka, lain halnya
jika yang   dianggapnya   baru   merupakan   hal   mudah,   maka   mereka   akan   lebih   
cepat mengadopsinya. Beberapa jenis inovasi bahkan harus disosialisasikan melalui
komunikasiinterpersonal dan kedekatan secara fisik

2.    Jenis Inovasi

Menurut   Donald   Kuratko,   Inovasi   terdiri   dari   empat   jenis,   penemuan,
pengembangan,duplikasi dan sintesis.
a)      Penemuan. Kreasi suatu produk, jasa, atau proses baru yang belum pernah dilakukan sebelumnya.
b)     Pengembangan. Pengembangan suatu produk, jasa, atau proses yang sudah ada. Konsep seperti ini menjadi aplikasi ide yang telah ada berbeda.
c)      Duplikasi. Peniruan suatu produk, jasa, atau proses yang telah ada. Meskipun demikian duplikasi bukan semata meniru melainkan menambah sentuhan kreatif untuk memperbaiki konsep agar lebih mampu memenangkan persaingan.
d)     Sintesis. Perpaduan konsep dan faktor-faktor yang sudah ada menjadi formulasi baru. Proses ini meliputi engambilan sejumlah ide atau produk yang sudah ditemukan dan dibentuk sehingga menjadi produk yang dapat diaplikasikan dengan cara baru.
     
     3.    Sumber Inovasi

Inovasi bagi wirausahawan lebih bersifat untuk memanfataatkan perubahan dari pada
menciptakanya. Mencari inovasi dilakukan dengan memanfaatkan perubahan pada
penemuan yang menyebabkan  terjadinya   perubahan. Ide   inovatif dapat  bersumber   
pada  kraetivitas eksternal   dan  kreativitas   internal.   Kreativitas   eksternal   dapat   
dirangsang   dengan  memanfaatkan secara sistematis rasa keingintahuan tentang
perkembangan, ide dan kekuatan baru yang sedang berlangsung di sekitar seseorang.
Dengan melakukan hal ini, seseorang membangun sumber informasi tentang berbagai hal
tentang fakta kesan, citra dan berbagai ide. Dengan demikian seseorang dapat memperoleh
ide yang dapat di raih dan di manfaatkan. Kreativitas internal muncul secara tiba-tiba
ketika seseorang sedang sibuk denga kreativitas eksternal. Dalam upaya ini menggunakan

pengalaman sebagai sumber karena pengetahuan dapat di peroleh melalui belajar.

Teori Kreativitas dan prisip-prinsipnya

1.   Dasar dasar pemikiran kreatif

Kreativitas adalah suatu kemampuan yang ada dalam diri individu untuk mengaktualisasikan dirinya dengan cara mengombinasi ide-ide yang sudah ada menjadi sesuatu yang baru.
Kreativitas itu muncul dari orang yang sering menggunakan otak kanannya karena kecenderungan untuk berpikir berbeda dengan orang lain. Jelas bahwa kreativitas adalah faktor penting untuk melewati kegagalan demi kegagalan yang berujung pada penciptaan semangat kewirausahaan yang tinggi.
Hasil gambar untuk contoh makalah kewirausahaan teori inovasi dan kreativitas

2.   Prinsip Berpikir Kreatif

Ada beberapa prinsip yang harus dilakukan untuk bisa berpikir kreatif, yaitu:
I. Prinsip Pertama : Pola Pikir Kreatif Diawali dari Teori Ketidaksempurnaan. Kita telah mengetahui bahwa teori ketidaksempurnaan adalah cikal bakal teori kreativitas, yaitu The Basic of Creative Thinking (Pola Pikir Kreatif). Jadi, dari sesuatu yang tidak ada, kita bisa menciptakan sesuatu yang bernilai karena kita tahu bahwa hal itu lebih valuable atau diinginkan oleh pasar saat ini. Ada tujuh prinsip di dalam Pola Pikir Kreatif, yaitu :
1)   Posisikan diri anda berlawanan atau berbeda dengan yang lain (opposite atau think differently)
2)        The innovation theory : Think differently dari nothing to give a spectacular result.
3)        Think more detail :Berpikirlah lebih detail daripada yang lain atau biasanya
4)      Have a perfect result :Berpikirlah bahwa apa yang ingin dicapai itu sempurna dan tidak mungkin terlampaui yang lain
5)  Berpikirlah :There must be a solution, bahwa apapun kesulitannya pasti ada jalan keluarnya.
6)       Kesulitan dan inspirasi saling mendekatkan diri, satu di depan satu dibelakang.
7)       Knowledge only 1%, imagination 99%. Sebagian besar penemu dunia memiliki pola pikir imajinasi yang kuat. Einstein memiliki imajinasi yang sangat kuat.
II.   Prinsip Kedua : Bisnis yang ‘Isi tetapi Kosong’ dan yang ‘Kosong tetapi Berisi’Bisnis itu pada hakikatnya merebut pasar, baik dalam menciptakan produk, membuat inovasi, meningkatkan atribut produk, dan lain-lain. Produk tersebut akan menggeser permintaan seseorang akan produk tersebut atau sebaliknya, sehingga akan terjadi kesempurnaan atau yang disebut equilibrium position (balance). Kondisi ini disebut dengan pasar sempurna. Akan tetapi, bagi sang inovator dan kreator, pasar yang berisi (padat) juga bisa dilihat tidak sempurna.
III.   Prinsip Ketiga : Think Differently with Opposite Position.
     Prinsipnya ialah :Start from different position. Ada beberapa prinsip dan jenis cara berpikir beda, yaitu :
a)   Jangan pernah mengikuti pola pikir orang banyak atau mengikuti kebiasaanSeorang kreatif cenderung mengoptimalkan otak kanannya, sehingga intuisinya terus terasah dan tidak terjebak rutinitas seperti kebiasaan dari otak kiri.
b)      Hindari jebakan logika AndaOrang kreatif rata-rata berpikir berbeda. Orang tidak kreatif berpikir rutinitas.
IV.   Prinsip Keempat : Think More Detail
1)        Ubah pola kebiasaan,
2)        Di dalam melihat, jangan secara visual melainkan detail.
3)        Amati film bukan dari tokohnya, melainkan dari pendukung dan sisi figurannya.
4)        Kunjungi tempat, toko, pameran dagang, event-event, dan eksibisi.
V.      Prinsip Kelima : Have a Perfect ResultPrinsip ini membuat anda lebih bekerja dengan giat dan dituntut untuk lebih dari sekedar puas, karena anda tidak mengenal hasil yang biasa-biasa saja. Selalulah berpikir bahwa pasti akan ada jalan keluarnya. Dengan menginginkan hasil yang sempurna, maka muncullah produk dan inovasi yang baru.
VI.   Prinsip Keenam : There Must Be a SolutionPrinsip ini hanya berpikir untuk mencari solusinya saja. Sebagai contoh :
·    Gantilah kata “tetapi” dengan “dan”. Misalnya, “saya ingin pergi dengan mobil tetapi saya ingin tiduran”. Gantilah menjadi “saya ingin pergi dengan mobil dan saya ingin tiduran”. Lalu muncullah ide mobil dengan fasilitas lengkap.
·   Amati kesulitan dan masalah yang terjadi. Tempatkan diri anda di posisi luar (penonton). Cobalah untuk memperhatikan masalah dan temukan solusinya.
VII.Prinsip Ketujuh : Kesulitan dan Insprirasi Saling Melekat Satu dengan yang LainJika di satu sisi itu adalah kesulitan, maka di sisi yang lain hal itu adalah inspirasi atau peluang bisnis. Dalam memakai prinsip ini, hendaknya :
1)     Senantiasa berpikir
2)     Berpikir terbalik, bahwa anda adalah objek bukan subjeknya. Berpikirlah bahwa
      jika anda sebagai pesaing anda, anda akan menemukan peluang itu.
3)    Pikirkan peraturan-peraturan yang belum dibuat untuk menciptakan sebuah inspirasi dan peluang.
VIII.  Prinsip Kedelapan : Pengetahuan adalah Alat, Imajinasi adalah Cara untuk Menemukan Inspirasi.Imajinasi membuat anda berangan-angan dan menemukan solusinya, seperti :
1.  Mulai belajar corat coret sketsa tentang pemevahan masalah, menerawang jauh, membayangkan, dll.
2.        Pikirkan dan imajinasikan sutau keinginan yang selama ini diimpikan
3.  Ajak orang atau teman terdekat anda untuk berjalan-jalan dan cobalah bertanya pendapatnya tentang suatu kejadian.


Sumber: http://www.academia.edu/11416406/contoh_makalah_kewirausahaan_teori_inovasi_dan_kreativitas
https://documents.tips/documents/makalah-inovasi-dan-kreatifitas-dalam-wirausaha.html

0 komentar:

Posting Komentar